Pages

Sabtu, 15 Oktober 2011

Menyiapkan perbaikan periphera


        Pepiperal computer merupakan peralatan pendukung computer dari sebuah PC terkadang peripheral tersebut bekerja sebagai mana fungsinya atau rusak untuk di lakukan perbaikan pada peripheral tersebut.
Sebelum melakukan perbaikan perlu disusun langkah-langkah persiapan perbaikan sebagai berikut:
Ø Mempersiapkan alat-alat bantu yang gunakan perbaikan.
Ø Mendiagnosa kerusakan-kerusakan yang terjadi.
Ø Menemukan bagaimana cara melakukan perbaikan periperal tersebut.
Melakukan perbaikan
Sedangkan melakukan perbaikan peripheral di butuhkan beberapa alat bantu atau tools liat sebagai berikut:
·        Obeng
·        Tang
·        Kuas
·        Kain kering atau tisu dan kain pembersih
·        Penyedot debu mini/vocum cliner
Peralatan yang di butuhkan untuk melakukan perbaikan peripheral:

a.     Obeng
Obeng merupakan alat yang paling penting dalam melakukan perbaikan peripheral obeng berguna sebagai. Untuk membongkar dan memasang peripheral,untuk selanjutnya di lakukan perbaikan.obeng ada bermacam-macam bentuknya,mulai dari obeng (+),obeng(-) serta obeng bintang/kembang.untuk melakukanperbaikan peripheral perlu disiapkan obeng dari berbagai ukuran.
b.     Tang
Untuk melakukan perbaikan peripheral digunakan tang cucut. Kombinasi tang cucut banyak di gunakan untuk memegang kepala sekrup atau jumper yang kecil.
c.      Kuas
Kuas digunakan untuk membersihkan komponen peripheral dari debu dan kotoran-kotoran yang menyebabkan karna masalah kotoran seringkali menjadi penyebab peripheral tidak dapat berfungsi lagi dengan baik.
d.     Penyedot debu mini/vocum cliner

Penyedot debu mini berfungsi hamper sama dengan kuas, yaitu untuk menghilangkan kotoraan yang menempel pada peripheral. pada ujung penyedot debu mini di lengkapi dengan sikat, dengan ukuran yang beragam di maksudkan untuk di sesuaikan luaas sempitnya sudut-sudut pada peripheral.alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihka kotoran yang terdapat pada keyboard pentilasi udara pada monitor dan pada fan.
e.      Kain kering atau tisu dan cairan pembersih
Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran yang mungkin sangat sulit untuk dibersihkan dengan memakai kuas atau vocum cliner.kotoran atau debu yang sangat tebal dapat menghambat kinerja peripheral. Tisu juga dapat digunakan untuk memperlancar aliran tinta catridge printer injek,karna sipatnya yang mudah menyerap cairan. Sedangkan cairan pembersih dapat digunakan untuk membersihkan layar monitor,casing,body monitr dan body monitor.
 Langkah-langkah persiapan melakukan perbaikan peripheral :
a)      Siapkan langkah-langkah perbaikan
b)     Mendiagnosis kerusakan yang terjadi
c)      Menemukan cara perbaikan peripheral tersebut
d)     Melakukan perbaikan peripheral

Tidak ada komentar:

Posting Komentar