Pages

Rabu, 11 Januari 2012

Mengatasi Masalah System Ip Conflict Di Jaringan Komputer


Kejadian yang cukup memusing kan terjadi beberapa minggu lalu di warnet saya , dimana pada setiap komputer muncul pesan System Ip Conflict with other computer dan ini artinya komputer mengindikasikan ada ip address yang sama . Padahal pada kenyataanya saya sudah cek semua bahwa ip address berbeda2 dari range 192.168.1.1 – 192.168.1.11.
Saking paniknya , pertama saya kira masalah di komputer server yang akhirnya saya install ulang sampai 2 kali . Akhirnya setelah berkonsultasi dengan teman dan juga googling sana sini dikit , ternyata ini merupakan ARP spoofing, gak jelas apa ini virus atau malware tadi yang pasti antara dua itu .
- Langkah pertama yang dilakukan adalah , download malwarebyte dan juga jangan lupa update avg dikomputer server terlebih dahulu .
- Langkah selanjutnya adalah cabut semua kabel LAN, lalu untuk giliran pertama scan komputer server dengan malware byte lalu disusul dengan AVG , selanjutnya ke semua client ( dalam posisis kabel LAN kecabut semua )
- Nanti bisa ketahuan mana yang komputer suspect sebagai biang yang membuat System Ip Conflict , yang menyamarkan semua address mac komputer sama .
- kalau ada salah satu komputer yang di scan dengan malwarebyte tidak bisa dibersihkan ( kasus saya kemaren sampai 200 erors ) dan ketika mau di bersihkan dia mendisable registry sendiri dan selalu restart2 terus, hajar saya tuh pc ! install ulang ! dari pada install ulang smua :D.
- setelah semua pc bersih , langkah selanjutnya adalah untuk pencegahan . Kalau yang ini sih saya dapat dari tutorial di website lain . Catat semua mac address setiap komputer , dengan cara ketik ipconfig/all di prompt/dos . ( physical address merupakan mac address )
setelah di catat semua komputer, bikin Bat file dan namakan saja dengan antiarp.bat misalkan lalu dijalankan di startup di setiap komputer , sehingga setiap komputer nyala akan mengeksekusi antiarp.bat .
gak tau cara jalanin di startup ? dari start menu klik kanan —> open —->program —> start up
lalu dari menu file pilih new — -> shortcut dan pilih antiarp.bat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar